Halaman

SELAMAT DATANG DI BLOG PUTRANE WONG JOWO KELAHIRAN SUMATRA

7 Jul 2014

Lima Cara Meningkatkan Kualitas Mengajar


Dalam mencapai tujuan pembelajaran guru dituntut untuk senantiasa meningkatkan kualitas dirinya dalam mengajar. Bagaimana cara meningkatkan kualitas dalam mengajar, Inilah lima poin cara yang harus dilakukan guru untuk meningkatkan kemampuan mengajar baik di dalam kelas maupun di luar kelas.

1. Sharing dengan guru lainnya.
Sharing dengan guru lain adalah metode yang paling efektif dalam meningkatkan kemampuan mengajar di kelas. Sharing dengan guru lain terutama dengan guru yang lebih senior kita dapat bertukar pendapat dan bertukar informasi bagaimana metode mengajar yang baik dan bagaimana caranya mengajarkan materi-materi yang cukup sulit.
Banyak sekali forum atau wadah untuk sharing dengan sesama guru, salah satu contohnya adalah MGMP, melalui wadah ini guru bisa sharing materi, metode  mengajar bahkan bertukar pengalaman. Sehingga dengan mengikuti forum seperti inilah dapat menularkan virus mengajar kreatif.
2. Melihat bagaimana guru lain mengajar di kelas
Open class dan supervisi merupakan salah satu media melihat bagaimana guru lain mengajar. Dengan melihat guru lain mengajar akan memperkaya bagaimana meningkatkan metode mengajar dengan baik. Jadi usahakan untuk selalu mengikuti kegiatan open class dan supervisi yang diadakan baik oleh internal sekolah ataupun oleh Diknas. Selain itu cara melihat guru lain mengajar yaitu dengan memanfaatkan internet, kita bisa mencarinya disitus YOUTUBE, dalam situs tersebut banyak guru yang sharing video ketika sedang mengajar, nah kita bisa mendownload video berbagai macam video yang isinya metode ketika guru sedang mengajar. Dengan cara ini akan menambah wawasan bagaimana cara mengajar yang baik.

3. Mencari materi di internet.
Internet adalah perpustakaan yang tak terbatas bagi para guru untuk mencari materi pembelajaran. Namun, tentunya kita harus mencari meteri-materi yang sesuai dengan kurikulum dan kultur budaya kita. Banyak sekali materi terutama yang diambil dari luar indonesia yang berbenturan dengan budaya dan agama. Intinya kita jangan memakan mentah-mentah materi yang didapatkan dari internet tetapi kita harus memfilter sehingga materi dapat sesuai dengan kebutuhan siswa dan keadaan siswa.

4. Menghadiri pelatihan, seminar, dsb.
Pelatihan dan Seminar bukan hanya menambah wawasan tapi juga mempererat tali silaturrahmi antar sesama guru. Dengan mengikuti pelatihan dan seminar dapat meningkatkan kualitas seorang guru. Jadi usahakan tiga bulan sekali untuk mengikuti seminar atau pelatihan. Ini akan sangat berguna bagi guru dalam meningkatkan kemampuan mengajar dikelas.

5. Membaca Buku
Membaca dapat menambah wawasan, dengan membaca akan menghasilkan guru yang kreatif. Sayangnya hanya sebagian kecil saja guru yang mengalokasikan uangnya untuk membeli buku. Bahkan kunjungan ke perpustakaan pun kadang tidak pernah. Dijaman teknologi informasi guru sangat dimudahkan, asal ada minat yang tinggi dari guru dalam membaca. Banyak sekali buku elektronik (ebook), artikel, jurnal dsb sehingga guru dapat membaca secara gratis di internet. Dengan bertambahnya wawasan tentunya akan meningkatkan kualitas diri dan kemampuannya dalam mengajar dikelas.

Tidak ada komentar: