Halaman

SELAMAT DATANG DI BLOG PUTRANE WONG JOWO KELAHIRAN SUMATRA

22 Jun 2013

BERAPAKAH JUMLAH SISWA TIAP KELAS YANG IDEAL


Beberapa hari yang lalu, ada teman yang bertanya, sebenarnya berapa jumlah siswa di sekolah yang ideal baik dari SD sampai dengan SMA/SMK. Dulu pada saat saya masih sekolah jumlah siswa semasa SD, jumlah siswa tidak sampai 30 siswa (kira-kira 25 siswa) tiap kelasnya. Kemudian di SMP sekitar 36 siswa. Selanjutnya di tingkat SLTA, kebetulan waktu itu di STM (SMK sekarang) jumlh\ah siswa waktu itu hanya 32 siswa. Tetapi sekarang-

sekarang ini ………………….entahlah……

Bagaimana jumlah siswa kalau di SMK……


Pernah mengajar di sekolah SMK ada yang siswa tiap kelasnya 36 - 40 siswa.
Bagaimana dengan sekarang……???? Masihkah sperti itu…???
Kalau di sekolah swasta mungkin, karena biasanya semakin banyak siswa semakin banyak pula inkam bagi sekolah, tetapi nagai mana dengan sekolah negeri ??
Kalau kita merujuk  pada Peraturan yang ada pereturan Pemerintah  No. 74 tahun 2008 tentang guru : pada pasal 17 dinyatakan :  (lihat dibawah)
 

Jelas dari perbandingan atau rasio minimal diatas, bahwa guru mempunyai kewajiban untuk mengajar hanya minimal 15 siswa dikelasnya (contoh SMK), dari rasio yang terdapat pada peraturan tersebut  belum menampilkan jumlah siswa maksimal di tiap kelasnya.
Jumlah siswa maksimal tiap kelas dapat kita lihat pada Petunjuk Teknik Peraturan Bersama Menteri Pendidikan Nasional, Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara Dan Reformasi Birokrasi, Menteri Dalam Negeri, Menteri Keuangan, Dan Menteri Agama  yaitu nomor : Nomor 05/X/Pb/2011, Nomor Spb/03/M.Pan-Rb/10/2011, Nomor 48 Tahun 2011,Nomor 158/Pmk.01/2011, Nomor 11 Tahun 2011, Tentang : Penataan Dan Pemerataan Guru Pegawai Negeri Sipil pada halaman 45 tentang Menata jumlah peserta didik per rombongan belajar , lihat dibawah.

Demikin info yang dapat saya bagai sebagai pencerahan.

Untuk download peraturan yang berkaitan diatas dapat di download di : http://modul-bukuku.blogspot.com/

Tidak ada komentar: