Halaman

SELAMAT DATANG DI BLOG PUTRANE WONG JOWO KELAHIRAN SUMATRA

24 Sep 2012

Shozo Kawasaki : penemu motor Kawasaki

Kawasaki dikenal sebagai perusahaan pembuat kapal, lokomotif, pesawat, motor san misil. Berawal pada tahun 1878 Shozo Kawasaki mendirikan Kawasaki Hyogo Shipyard corp. Selama Perang Dunia II, Kawasaki memproduksi kapal selam dan super tanker. Di tahun 1949, kawaski memutuskan untuk memasuki industri motor dengan memproduksi mesin motor. Kawasaki membuat motor 60cc 2 tak dan 150cc serta 250cc 4 tak dengan mengadopsi teknologi BMW Jerman, karena pernah bekerja sama dengan BMW di bidang industri pesawat terbang. Tahun 1954, kawasaki Motorcycles memproduksi motor utuh dengan nama Meihatsu. Pada saat yang bersama Kawsaki juga memproduksi Scooter, namun mereka sadar agak berat untuk bersaing dengan raksasa industri skuter saat itu, yakni Fuji Rabbit dan Mitsubishi Silver Pigeon.

Sejarah Kawasaki Motor sendiri tidak bisa dipisahkan dengan meguro Motorcycles. Meguro ini di jepang dikenal sebagai senir dibandingakan Honda, Yamaha dan Suzuki. Bahkan dianggap “King of Four Stroke”. Meguro pertama kali memasuki industri sepeda motor Jepang di tahun 1937. Motor pertamanya adalah Z97, motor 500cc rocker valve, motor ini cukup sukses dan terus diproduksi sampai 1950an. Disamping itu Meguro juga memproduksi mesin 250cc dan 350cc silinder tunggal hingga mesin high performance silinder ganda 650cc dan 500cc. Sehingga pantaslah disebut senior karena mesin produksi sudah lebih maju saat itu, Nah tahun 1960 Meguro diakuisisi oleh Kawasaki dan ditahun 1962 menjadi Kawasaki Motorcycles sampai saat ini.

(1952) Desain mesin KE-1 selesai sudah
Para insinyur dan teknisi pesawat terbang mulai membangun KE (Kawasaki Engine) pada 1949. produksi masal dimulai pada 1953. Mesin dengan teknologi air-cooled, 148cc, OHV, 4-tak ini memiliki power maksimal sebesar 4 PS pada 4,000 rpm.


(1955) Produksi mesin sepeda motor KB-5 dimulai
Torsinya yang responsif di rpm rendah maupun tinggi serta karakternya yang superior membuatnya terkenal di kalangan riders pada saat itu. untuk 10 tahun ke depan KB-5 mengalami pengembangan yang akhirnya menjadi dasar mesin Kawasaki 125cc. Pada tahun yang sama, the Meihatsu 125-500 diluncurkan dengan mengusung mesin KB-5.



(1956) Debut Meihatsu 125 Deluxe
Meihatsu 125 Deluxe disebut sebagai “Mesin Kawasaki Tahan Banting”
Motor ini mampu melaju 81.5 kpj, rekor baru di kelasnya. Dalam tes yang lain, mesinnya mampu melaju lebih dari 50,000 tanpa henti dan tidak mengalami kerusakan.
1957 ditandai dengan produksi dari hasil upgrade mesin KB-5, yaitu KB-5A. Di produk inilah logo Kawasaki pertama kali dicetak di bagian samping mesin.