Sebelum anda membuat proyek/ konten baru sepeti media pembelajaran berbasis #D / AR dengan menngunakan Assemblr Edu, diharapkan anda sudah melakukan tahapan yang sudah kita bahas pada artikel sebelumnya yaitu membuat akun dan mengenal menu yang terdapat di dasbord akun Assemblr edu dan kontrol yang terdapat pada Assemblr Studio. Untuk memulai membuat proyek baru menggunakan Assemblr Edu, langkah-langkah yang harus lakukan sebagai berikut :
1. Login ke akun Assemblr Edu.
Setelah anda membuat akun di Assemblr edu, silahkan anda login / masuk ke akun Assembler dengan menngunakan identitas / email yang digunakan untuk mendaftar / membuat akun di Assemblr. Maka tampilan di layar anda jika anda menggunakan laptop seperti di bawah ini.
2. Membuat Proyek
Selanjutnya pilih menu Editor, maka anda akan langsung diarahkan ke Assemblr Studio pada tab yang sama. Selanjutnya anda pilih tanda + untuk mmulai membuat proyek baru.
Gambar : tampilan Dasbor Proyek Assemblr Studio
Selanjutnya anda ka anda akan diberikan pilihan editor antara lain Super Simple Editor atau Default Editor. Jika anda ingin membuta proyek yang super simple, anda dapat memilih Super Simple Editor, sebaliknya apabila anda ingin membuat proyek dengan berbagai macam aset 3D dapat memilih Default Editor.
Gambar : Pilihan Editor
Setelah anda menentukan pilihan sesuai dengan jenis proyek yang akan dibuat, selanjutnya anda akan diperlihatkan area kerja membuat proyek speti pada gambar di bawah ini.
Gambar : Area kerja membuat proyek (pada area kotak-kotak)
Selanjutnya untuk membuat proyek, anda dapat memilih aset / obyek sesuai dengan proyek yang anda buat. Untuk menambhankan obyek / aset 3D, anda dapat mengklik 3D, dan sebaliknya aset 2D (gambar), anda dapat mengklik Image. Selain anda dapat menggunakan aset yang telah disediakan di Aseemblr Studio, anda dapat mengimport aset milik anda sendiri baik yang 3D maupun 2D.
Untuk mengatur obyek yang ada diarea kerja membuat proyek, anda dapat menggunakan kontrol yang tersedia seperti pada gambar di bawah ini.
Keterangan
Move : untuk menggeser objek
Rotate : Untuk memutar obsek
Scale ; untuk membesarkan / mengecilkan objek
Duplicate : unutk menduplikat / menggandakan objek
Mirror : untuk membalik objek
Copy to : untuk menduplikati objek ke scene yang dikehendaki.
Demikian penjelasan singkat memulai membuat proyek dengan menggunakan Assemblr studio, untuk materi lainnya akan dibahas selanjutnya. Selamat mencoba.
Contoh proyek yang sudah dibuat dan dipublikasikan di Assemblr Edu.
Link : https://asblr.com/CuYhl
Tidak ada komentar:
Posting Komentar