Halaman

SELAMAT DATANG DI BLOG PUTRANE WONG JOWO KELAHIRAN SUMATRA

17 Okt 2023

BERBAGI PRAKTIK BAIK IMPLEMENTASI INOVASI PEMBELAJARAN DI SMK NEGERI 1 INDRALAYA UTARA

Pada tahap akhir sebagai peserta PembaTIK 2023, sesuai dengan tingkatan levelnya yaitu level Berbagi dan Berkolaborasi. Pada kesepatan berbagi di agenda kegiatan I, penulis sebagai peserta PembaTIk 2023 Level 4 berkolaborasi dengan shekholder yang ada di sekolah dalam hal ini yaitu kepala sekolah dengan meminta ijin untuk melaksanakan kegiatan berbagi tersebut. Pada Kegiatan Berbagi ini, penulis mefokuskan berbagi di internal atau di sekolah tempat bertugas yaitu SMK Negeri 1 Indralaya Utara. Kegiatan berbagi ini dilaksanakan pada hari Selasa tanggal 17 Oktober 2022. Kegiatan berbagi ini dilaksanakan bersamaan dengan agenda rapat bulanan yang direncanakan sekolah.






Pada kesepatan Berbagi Praktik Baik Implentasi Inovasi Pembalajaran Berbasis TIK yang berpusat pada murid, penulis, selain memaparkan praktik baiknya yaitu implementasi dari Multimedia  Pembelaajran Interaktif  yang berbasis Google Sites yang dibuat pada PembaTIK 2023 Level 3 yang lalu pada pembelajaran di kelas untuk mendukung pembelajaran dengan menggunakan model Project Based Learning (PJBL) dengan materi pelajaran Sistem Audio Video. Implementasi Multimedia Pembelajaran Interaktif yang penulis laksanakan pada mata pelajaran produktif Teknik Kendaraan Ringan pada pelajaran Perawatan Kelistrikan Kendaraan Ringan di kelas XII.

Selain itu penulis, sebelum memaparkan berbagi praktik baik tersebut,penulis juga mengingatkan sebagai guru termasuk penulis sendiri untuk selalu meningkatkan kompetensi khususnya di bidang TIK sesuai dengan tututan model kompetensi guru yang tertuang pada Peraturan Direktur Jenderal Guru Dan Tenaga KependidikanK ementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Nomor 626/B/Hk.04.01/2023 Tentang Model Kompetensi Guru, khususnya pada kompetensi  pedagogik pada indikator sub indikator 1.2. Pembelajaran efektif yang berpusat pada peserta didik pada sub-indikator kompetensi 1.2.5. Penggunaan teknologi Informasi dan komunikasi (TIK) secara adaptif dalam pembelajaran. Selain itu juga mengingatkan tentang kompetensi yang  kompetensi abad 21 terkait dengan TIK.

Kegiatan berbagi Praktik Baik Impelemtasi Inovasi Pembelajaran Berbasis TIK yang dilaksanakan di SMK Negeri 1 Indralaya Utara dihadiri oleh Guru sebanyak 48 orang yang terdiri dari guru dan pegawai. Peserta berbagi terutama yang berasal ari guru sangat antusias, sehingga diharapkan ada pertemuan kembali untuk belajar bersama cara pembuatan Multimedia Pembelajaran Interaktif dan disepakati akan diadakan pertemuan lanjutan untuk belaajr bersama di lain waktu.




















Daftar Hadir :

Rekaman Kegiatan Berbagi Praktik Baik :



Tidak ada komentar: