Menjadi guru yang baik saat mengajar bukan soal sifat si guru
tersebut tapi soal kemampuan mengatur irama pembelajaran. Guru yang
sifatnya baik pun akan cepat marah jika muridnya sering berlaku tidak
tertib. Salah satu hal yang membuat siswa tertib adalah kesibukan yang
bermakna. Membuat siswa bisa sibuk namun tetap bermakna memang tantangan
semua guru. Ada guru yang senang memberi soal sulit pada siswanya
dengan harapan siswanya sibuk dan waktu mengajar dia tidak dipusingkan
oleh masalah perilaku.
Padahal sebaliknya hal tadi hanya terjadi pada siswa yang perilakunya
memang sudah baik, sementara anak-anak yang lain akan cepat bosan dan
justru membuat ulah karena merasa gurunya memberi pekerjaan sulit tanpa
jalan keluar. Karena pekerjaannya sulit membuat anak -anak yang memang
sudah bermasalah pada perilaku akan timbul lagi keinginannya untuk
membuat keributan dan ujung-ujungnya guru akan merasa gagal dalam
mengajar siswanya di hari itu.
Ada beberapa cara untuk membuat jam pelajaran anda berlalu tanpa
terasa baik kita sebagai guru maupun siswa sebagai penikmat cara
mengajar dan perencanaan mengajar kita.
- rencanakan dalam seminggu perencanaan mengajar anda
- selalu update rencana pengajaran anda setelah dan sebelum mengajar