Menilai kehebatan seorang guru bisa dilakukan melalui faktor internal
dan eksternal. Secara internal, pendidikan guru yang mumpuni bisa
menjadi acuan kapabilitas. Namun, output dari para siswa
tentunya tidak bisa diabaikan. Prestasi dan moral luhur para siswa juga
bisa menjadi ukuran keberhasilan seorang guru.
Lantas apa saja
faktor yang menjadi ukuran kehebatan atau keberhasilan seorang guru? Dr
Marvin Thompson, Kepala SMA John McDonogh di New Orleans, Amerika
Serikat, memberikan bocorannya. Thompson merupakan menjadi bintang
serial dokumenter di saluran TV OWN bertajuk "Blackboard Wars". Berikut empat tanda guru yang hebat seperti dikutip dari Huffington Post, Selasa (19/2/2013).
1. Di kelas, para siswa berbicara lebih banyak ketimbang gurunya.
"Pada
masa kini, proses belajar di kelas harus berbasis pertanyaan, bukan
pengarahan dari guru. Guru yang baik akan memberikan ‘panggung’ kepada
siswanya untuk menyelidiki, menanyakan, dan menciptakan lingkungan
belajar yang menarik. Sebuah tanda yang positif jika di kelas ada
diskusi yang penuh makna dan mencakup semua siswa," jelas Thompson.
2. Sang guru berbagi ide dengan guru lainnya.
"Berbagi
ide sebenarnya membantu guru mengasah keterampilan dan mendapat masukan
mengenai praktik belajar terbaik dari guru lain. Sama seperti para
dokter yang saling berkonsultasi mengenai pasiennya, para guru juga
harus melakukan dialog satu sama lain," ujar Thompson.
3. Guru mengetahui inti dan tujuan dari kurikulum.
"Belajar
bukan hanya tentang materi pelajaran yang diberikan kepada siswa. Namun
bagaimana para siswa berhasil menguasai materi melalui proses
pembelajaran. Anda bisa mengajarkan para siswa mengenai pertambahan dan
pembagian, namun harus dipastikan mereka memahami keterampilan di balik
pelajaran tersebut. Jika seorang siswa tidak dapat menemukan hubungan
antara apa yang mereka pelajari dengan kehidupan nyata, maka hal ini
akan membatasi relevansi dari pelajaran tersebut, yang pada akhirnya
mengurangi keinginan dan minat untuk terlibat," papar Thompson.
4. Guru mengakui dan menghargai usaha para siswa, bahkan untuk hal-hal kecil.
"Jika
para siswa melakukan hal yang positif, dan setiap anak tentunya mampu
melakukan hal yang positif, kenali usaha mereka. Terkadang, para siswa
membutuhkan sedikit dorongan. Seorang guru yang hebat akan fokus pada
apa yang dilakukan siswanya, meski mereka hanya ingin pamer di kelas,
karena Anda tidak pernah tahu ketakutan dari para siswa saat belajar.
Anda tidak pernah tahu tantangan yang mereka hadapi di luar kelas.
Karenanya, seorang guru yang hebat akan menunjukkan kepeduliannya kepada
para siswa.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar