Kawasaki dikenal sebagai perusahaan pembuat kapal, lokomotif,
pesawat, motor san misil. Berawal pada tahun 1878 Shozo Kawasaki
mendirikan Kawasaki Hyogo Shipyard corp. Selama Perang Dunia II,
Kawasaki memproduksi kapal selam dan super tanker. Di tahun 1949,
kawaski memutuskan untuk memasuki industri motor dengan memproduksi
mesin motor. Kawasaki membuat motor 60cc 2 tak dan 150cc serta 250cc 4
tak dengan mengadopsi teknologi BMW Jerman, karena pernah bekerja sama
dengan BMW di bidang industri pesawat terbang. Tahun 1954, kawasaki
Motorcycles memproduksi motor utuh dengan nama Meihatsu. Pada saat yang
bersama Kawsaki juga memproduksi Scooter, namun mereka sadar agak berat
untuk bersaing dengan raksasa industri skuter saat itu, yakni Fuji
Rabbit dan Mitsubishi Silver Pigeon.
Sejarah Kawasaki Motor sendiri tidak bisa dipisahkan dengan meguro
Motorcycles. Meguro ini di jepang dikenal sebagai senir dibandingakan
Honda, Yamaha dan Suzuki. Bahkan dianggap “King of Four Stroke”. Meguro
pertama kali memasuki industri sepeda motor Jepang di tahun 1937. Motor
pertamanya adalah Z97, motor 500cc rocker valve, motor ini cukup sukses
dan terus diproduksi sampai 1950an. Disamping itu Meguro juga
memproduksi mesin 250cc dan 350cc silinder tunggal hingga mesin high
performance silinder ganda 650cc dan 500cc. Sehingga pantaslah disebut
senior karena mesin produksi sudah lebih maju saat itu, Nah tahun 1960
Meguro diakuisisi oleh Kawasaki dan ditahun 1962 menjadi Kawasaki
Motorcycles sampai saat ini.
(1952) Desain mesin KE-1 selesai sudah
Para insinyur dan teknisi pesawat terbang mulai membangun KE
(Kawasaki Engine) pada 1949. produksi masal dimulai pada 1953. Mesin
dengan teknologi air-cooled, 148cc, OHV, 4-tak ini memiliki power
maksimal sebesar 4 PS pada 4,000 rpm.
(1955) Produksi mesin sepeda motor KB-5 dimulai
Torsinya yang responsif di rpm rendah maupun tinggi serta karakternya
yang superior membuatnya terkenal di kalangan riders pada saat itu.
untuk 10 tahun ke depan KB-5 mengalami pengembangan yang akhirnya
menjadi dasar mesin Kawasaki 125cc. Pada tahun yang sama, the Meihatsu
125-500 diluncurkan dengan mengusung mesin KB-5.
(1956) Debut Meihatsu 125 Deluxe
Meihatsu 125 Deluxe disebut sebagai “Mesin Kawasaki Tahan Banting”
Motor ini mampu melaju 81.5 kpj, rekor baru di kelasnya. Dalam tes yang lain, mesinnya mampu melaju lebih dari 50,000 tanpa henti dan tidak mengalami kerusakan.
Motor ini mampu melaju 81.5 kpj, rekor baru di kelasnya. Dalam tes yang lain, mesinnya mampu melaju lebih dari 50,000 tanpa henti dan tidak mengalami kerusakan.
1957 ditandai dengan produksi dari hasil upgrade mesin KB-5, yaitu
KB-5A. Di produk inilah logo Kawasaki pertama kali dicetak di bagian
samping mesin.