Halaman

SELAMAT DATANG DI BLOG PUTRANE WONG JOWO KELAHIRAN SUMATRA

22 Okt 2023

BERBAGI PRAKTIK BAIK MELALUI WEBINAR KOLABORASI DENGAN IGI KABUPATEN OGAN ILIR

 


Pada Hari Kamis tanggal 19 Oktober 2023, pukul 14.00 - 15.30 WIB diadakan  kegiatan Webinar yang diadakan dan di fasilitasi oleh dewan pengurus daerah Ikatan Guru Indonesia (IGI) Kabupaten Ogan Ilir. Kegiatan webinar tersebut dihadiri oleh 37 peserta dan sebagai narasumber adalah Sahabat Teknologi Sumatera Selatan 2023 ibu Aisyah Amini, S.Pd  yang berasal dari SD Negeri 3 Tanjung Batu dan Bapak Budi Hartono, S.Pd dari SMK Negeri 1 Indralaya utara. Kegiatan Webinar tersebut dibuka langsung oleh Ketua IGI Kabupaten Ogan Ilir Bapak Sapto Abadi, S.Pd’, M.Pd dan di pandu oleh ibu Juwairia, S.Pd selaku pengurus IGI . Ketua IGI Kabupaten Ogan Ilir pada saat membuka kegiatan webinar tersebut menjelaskan bahwa kegiatan kegiatan webinar tersebut merupakan rangkaian kegiatan yang harus dilaksanakan oleh peserta PembaTIK level 4 sebagai Sahabat Teknologi Sumatera Selatan 2023. Kegiatan PembaTIK sendiri terdiri dari 4 level yaitu : Level 1 yaitu Literas, Level 2 : Implementasi, Level 3 : Kreasi dan Level 4 : Kolaborasi dan Berbagi. Pada kesempatan itu pula, ketua IGI kapupaten Ogan Ilir juga berpesan kepada pada peserta, dapat mengikuti kegiatan PembaTIK pada tahun yang akan datang guna meningkatkan kompetensi guru di bidang TIK.

Pada kegiatan webinar tersebut, ibu Aisyah Amini berbagi praktik baik  tentang pemanfaatan MPI (Multimedia Pembelajaran Interaktif) yang dibuat dengan menggunakan SAC (Smart Apps Creator), sedangakan bapak Budi Hartono berbagi praktik baik tentang pemanfaatan MPI yang dibuat dengan menggunakan Google sites yang diimplementasikan dalam pembelajaran. Multimedia Pembelajaran Interaktif yang dibuat oleh Bapak Budi Hartono mengkombinasikan google sites dengan beberapa platform teknologi seperti lumi education, youtube, google form dan quizizz. Sedangkan asset didesain menggunakan Canva. Penerapan MPI di dalam pembelajaran, Bapak Budi Hartono menjelaskan bahwa peserta didik atau murid sangat antusias dalam penerapan MPI dalam pembelajaran yang dilaksanakan. MPI tersebut untuk menunjang pembelajaran dengan menggunakan Projek Based Learning (PJBL).

Dari pemaparan materi berbagi, peserta webinar sangant antusias dan berkeinginan ingin belajar pembuatan Multimedia Pembelajaran Interaktif dengan mengunakan platform atau aplikasi yang sahabat teknologi gunakan, sehingga di suatu hari IGI dapat mengadakan pelatihan atau workshop pembuatan Multimedia Pembelajaran Interaktif.


Foto Kegiatan :








Rekaman Webinar :



 Lihat : Daftar Hadir











Tidak ada komentar: