Halaman

SELAMAT DATANG DI BLOG PUTRANE WONG JOWO KELAHIRAN SUMATRA

22 Okt 2023

WEBINAR SERI 8 DI PMM : BERBAGI CERITA PRAKTIK BAIK IMPLENTASI INOVASI PEMBELAJARAN BERBASIS TIK

 

Salah satu tugas wajib PembaTIK level 4 adalah berbagi praktik baik melakui kegiatan webinar di Platform Merdeka Mengajar (PMM). Kegiatan webinar di PMM masuk pada seri 8 yang dijadwalkan oleh Sahabat Pembatik Sumsel dan dilaksanakan pada hari Jumát 20 Oktober 2023 pada pukul 14.00 – 15.30 WIB. Berbagi di PMM berkolaborasi dengan 2 orang sahabat teknologi lainnya selain berkolaborasi dengan pihak-pihak yang lain yang mendukung kegiatan berbagi tersebut. Pada kegiatan berbagi tersebut penulis sebagai salah satu Sahabat Teknologi Sumatera Selatan berkolaborasi dengan 2 Sahabat Teknologi lainnya yaitu : ibu Aisyah Amini, S.Pd Gr. dari SDN 3 Tanjung Batu Ogan Ilir  dan ibu Siti Aulia, S.Pd. Gr., M.Si. dari SMAN Karang Jaya OKUT.

Selain berkolaborasi dengan dua sahabat lainnya, juga berkolaborasi dengan duta Teknologi Sumatera Selatan 2018 yaitu Bapak Ahmad Ardius, M.Pd dan juga berkolaborasi dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Ogan Ilir.

 


Kegiatan webinar ini dihadiri oleh 47 orang dan dipandu oleh Sahabat Teknologi Sumsel 2023 yang berasal dari SMAN 2 OKU yaitu ibu Rani Nawang Sari. Webinar berbagi praktik baik implementasi inovasi pembelajaran berbasis TIK ini dibuka oleh Kepala Diinas Pendidikan dan Kabupaten Ogan Ilir Bapak Sayadi, S.Sos. M.Si. Pada saat pembukaan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Ogan Ilir berpesan bahwa pembelajaran berbasis teknologi informasi dan komunikasi bertujuan untuk program peningkatan potensi diri dalam kegiatan belajar mengajar dan berkarya untuk mendukung terciptanya inovasi pembelajaran dalam implementasi kurikulum Merdeka dengan mengedepankan pemanfaatan teknologi. Pada webinar ini juga dihadiri Duta Teknologi Sumatera Selatan 2018 Bapak Ahamad Ardius, M.Pd. Pada saat memberikan sambutannya, sejalan yang disampaikan oleh Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Ogan Ilir, Bapak Ahmad Ardius, M.Pd juga bepesan bahwa kita sebagai guru untuk mendalami ilmu-ilmu terutama ilmu-ilmu tentang teknologi dalam pendidikan.

 

Pada saat memaparkan berbagi praktik baik, penulis sebagai sahabat teknologi Sumsel 2023, berbagi praktik baik tentang pemanfaatan MPI yang dibuat dengan menggunakan Google sites yang diimplementasikan dalam pembelajaran. Multimedia Pembelajaran Interaktif yang dibuat oleh Bapak Budi Hartono mengkombinasikan google sites dengan beberapa platform teknologi seperti lumi education, youtube, google form dan quizizz. Sedangkan asset didesain menggunakan Canva. Penerapan MPI di dalam pembelajaran, Bapak Budi Hartono menjelaskan bahwa peserta didik atau murid sangat antusias dalam penerapan MPI dalam pembelajaran yang dilaksanakan. MPI tersebut untuk menunjang pembelajaran dengan menggunakan Projek Based Learning (PJBL).

Melaui kesempaytan tersebut, penulis juga mengikatkan bahwa kita sebagai guru untuk terus belajar terutama dalam meningkatkan kompetensi di bidang TIK untuk mendukung pembelajaran yang berpusat pada murid.

 

Foto Kegiatan :



















Rekaman Webinar : 





Lihat : Daftar Hadir


1 komentar:

Anonim mengatakan...

Kegiatan yang bermanfaat untuk guru. Di kegiatan ini saya termotivasi/bersemangat untuk membuat media pembelajaran berbasis TIK dari berbagai contoh implementasi pemateri, dan rekomendasi media pembelajaran lainnya. Banyak ilmu yang saya dapatkan dari acara ini.
Terima kasih.
[ASj]