Halaman

SELAMAT DATANG DI BLOG PUTRANE WONG JOWO KELAHIRAN SUMATRA

24 Sep 2012

Being Inspiration Teacher ‘s, Kunci Membangun Kepercayaan Siswa

Case Study :
“Saya tidak senang guru yang sok menjadi pejabat ,main perintah dan siswa dipaksa tertib sementara guru bersangkutan sering telat,suka mencela siswa dan  suka membangga banggakan diri sendiri. Namun sayangnya kami suka tidak suka harus mau  menerima kehadiran beliau dikelas.Banyak diantara kami memilih bolos atau mangkir dari sekolah  lantaran tidak suka pada guru bersangkutan. Kami terpaksa mengikuti pelajaran yang tidak menarik. Ya semoga saja setahun cepat berlalu agar kami bisa terhindar dari :BENCANA “ ini…!
Undang –Undang Nomor 20 tentang Sistem Pendidikan Nasional (Sisdiknas) menegaskan bahwa pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa  yang bermartabat dalam  rangka mencerdaskan kehidupan bangsa. Sisdiknas bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa,berakhlak mulia,sehat,berilmu cakap kreatif mandiri dan menjadi warga Negara yang demokratis serta bertanggung    jawab.
Menurut pasal 28 ,PP no 19 tahun 2005 tentang SNP ,pendidik adalah agen pembelajaran yang harus memiliki empat jenis kompetensi ,yakni kompetensi pedagogic ,professional  dan social.Dalam konteks itu maka kompetensi guru dapat diartikan sebagai kebulatan pengetahuan ,ketrampilan dan sikap yang diwujudkan dalam bentuk tindakan cerdas dan penuh tanggung jawab dimiliki seseorang calon guru untuk memangku jabatan guru.
Sedangkan penjabaran dari Direktorat Jenderal Pendidikan  melalui Direktorat Ketenagaan    ,Sub kompetensi dari Kompetensi Kepribadian adalah memiliki kepribadian yang berwibawa dengan indicator essential ,memiliki perilaku yang berpengaruh positif  terhadap peserta didik dan memiliki perilaku yang disegani.Memiliki kompetensi yang arif dengan indicator  essential ;menampilkan tindakan yang didasarkan pada kemanfaatan peserta didik ,sekolah dan masyarakat dan menunjukan keterbukaan dalam berpikir dan bertindak.

Dalam kegiatan pembelajaran Kepercayaan adalah kunci utama dari seorang siswa untuk belajar,kepercayaan pada ilmu yang dipelajarinya maupun pribadi gurunya.Mengapa ..?Pribadi guru yang dapat dipercaya merupakan cermin  dasar  integritas ,sikap mental dan karakter nya.Ketika siswa tidak mempercayai gurunya dapat dipastikan kegiatan pembelajaran menjadi tidak kondusif dan tidak dapat berjalan optimal.
Kegiatan pembelajaran harus didasarkan pada kondisi saling percaya,apalagi pendidikan bukan sekedar transfer pengetahuan secara transaksional.Sekolah adalah tempat membentuk karakter siswa tentu relasi saling percaya adalah pilar utama.Pribadi guru yang dapat dipercaya dalam ucapan,tindakan dan tingkah laku akan dapat memberi motivasi dan inspirasi semangat belajar siswa.”Mendengar nasehat pak Budi yang telah sukses saat kuliah setelah  mengalami masa sulit, saya jadi terinspirasi bahwa belajar giat salah satu cara agar mendapat bea siswa…”
Kunci Membangun Kepercayaan Siswa
1.       Kesesuaian antara ucapan dan tindakan.
“if  people catch you  in lie they will not believe you any more,they will not trust your word “
Ingatlah ,ucapan itu bisa seperti emas ,jika didalamnya tidak dusta.Karena itu bagi seorang guru pantang mengajarkan dusta.Jika berjanji atau menyampaikan nasehat hendaknya yang anda bisa jalani ,jangan memerintahkan sesuatu yang anda sendiri tidak sanggup melakukan .Hal ini akan menurunkan integritas anda dan selanjutnya tidak akan mempercayai anda lagi .Gunakanlah kata kata bijak ,jangan meremehkan,melecehkan siswa atau menyakiti hati siswa dengan dalih ingin menegakkan disiplin. Karena kedisiplinan adalah pembentukan sikap mental ,penistaan hanya akan menimbulkan rasa tidak hormat siswa kepada guru maupun aturannya.Tidak ada satu orang pun akan suka di nistakan termasuk anda ,maka perlakukanlah siswa sebagaimana anda ingin diperlakukan.
2.       Adil dan Transparan
“being honest ,respectable ,loyal,transparent  and fair with other build trust “
Transparan dalam kepribadian merupakan perilaku yang tidak di buat buat,menjadi diri sendiri serta senantiasa tulus dalam menjadi pendamping siswa belajar.Hubungan antara siswa dan guru akan menjadi kuat bila tidak ada  kepalsuan.Kepura puraan tidak akan dapat bertahan lama karena siswa dapat mengenali ketidak jujuran dan ketidak tulusan gurunya. Jika siswa melihat kepura puraan yang anda lakukan anda tidak mendapatkan respect dari siswa.
 Pribadi yang adil penting bagi seorang guru karena tidak ada seorangpun suka dibeda –beda bedakan dan diperlakukan tdak adil apalagi tidak aturan yang jelas atas sebuah apresisasi. Ketidak adilan yang didasarkan atas perasaan suka dan tidak suka akan menimbulkan kebencian siswa kepada guru dan permusuhan antar siswa.
3.       Konsisten
“Commitment shines trough persistent work ,if you want to build trus you need to be persistent and consistent with your actions”.
Perilaku konsisten adalah wujud kesungguhan dan ketulusan  anda dalam perilaku atas nilai nilai yang dikembangkan.Bekerjalah secara bersungguh sungguh agar siswa bisa meilhat anda memiliki kesungguhan memperjuangkan kepentingan terbaiknya.Sehingga siswa jauh menjadi lebih bersemangat dan bersungguh sungguh  dalam mengejar prestasi belajarnya akademik/non akademik ,lantaran kesungguhan anda .Konsistensi perilaku anda dalam ucapan dan tindakan akan dikenal dan dipercaya sebagai karakter professional oleh siswa dan masyarakat. Pada akhirnya kepercayaan  dan dukungan masyarakat untuk kemajuan peserta didik akan bertambah kuat ,lantaran konsistensi anda bersungguh sungguh  dalam mebela kepentingan terbaik siswa. 
4.       Jagalah Reputasi Anda
The key how to buid repitation is to demonstrate experience ,expertise and mental attitude everyday in your activity. Show that you are reliable ,honest and trustworthy”.
Citra diri anda sebagai guru terletak pada reputasi perilaku selama anda berhubungan dengan siswa dan bermasyarakat dalam keseharian. Anda tidak bisa memaksakan diri agar dihormati atau mendapatkan kesan yang baik dan dipercaya ,jika perilaku anda memang tidak mencerminkan tindakan itu.Jagalah reputasi yang sudah anda bangun dan peran status yang sudah anda dapatkan agar mudah bagi anda menjadi inspirasi bagi siswa dan masyarakat Membangun reputasi kualitas pribadi tidak bisa hanya dibangun semalam .Siswa dan masyarakat membutuhkan waktu yang lama dan bukti kesungguhan anda dalam menjunjung tinggi nilai profesionalitas. Supaya anda memiliki reputasi pribadi yang dapat dipercaya dan dapat diandalkan anda  harus mampu menampilkan performance prima anda yang memberikan pengalaman memuaskan bagi siswa dan masyarakat.
5.       Belajar berkesinambungan
your work is a reflection of  who you are ,what does you work say about you..,give your  professional competences with do always your best .don’t accept  less than the best”.
Tingkatkan kompetensi diri melalui belajar berkesinambungan ,kuliah lagi,mengikuti diklat atau banyak membaca serta memiliki keterbukaan terhadap perkembangan teknologi informasi dan komunikasi.Karena dengan anda memilki pengetahuan ,ketrampilan,pengalaman dan keahlian yang memadai akan mempermudah anda dalam menjalankan profesi sebagai guru.Selanjutnya dengan anda memiliki wawasan “keilmuan” yang memadai akan meningkatkan rasa percya diri,mengerjakan tugas dengan persaan yang lebih baik akan sangat berpengaruh kepada siswa dan orang lain.Dengan anda belajar lebih baik akan mendorong anda untuk memberikan pelayanan yang terbaik dari yang anda bisa untuk kepentingan terbaik prestasi siswa…!
 
 
Sumber : guru idola indonesia

Tidak ada komentar: