“
wahai ayahku tercinta,sesungguhnya telah dikaruniakan kepada ku ilmu
yang tidak engkau peroleh. Karena itu ikutlah aku ,niscaya engkau akan
ku beri petunjuk kejalan yang lurus“ .QS Maryam (19) ayat 43:
Setiap anak unik dan setiap anak memiliki bakatnya masing masing (multiple intelligence) . Disamping itu masing masing siswa punya karakteristik sendiri.Seperti Agnes Monica ,dengan ragam talenta,Andik Firmansa dengan ketrampilan bola serta
para juara olimpiade sains dsb ,adalah bukti “talenta’yang dapat tumbuh
kembang secara optimal.Jika anda sebagai guru yang ingin “memberdayakan
“ siswa dari keberbakatnnya ,maka anda perlu mengetahui betul
,minat,bakat ,gaya hidup , self value,cara
berpikir maupun perilaku siswa sekaligus sebagai bukti kompetensi
Pedagogik guru.
Yakni memahami peserta didik secara mendalam dengan
indikator esensial melalui kemampuan memanfaatkan prinsip prinsip perkembangan kognitif,prinsip kepribadian ,mengindentifikasi bekal ajar awal peserta didik dan termasuk mengenali talenta peserta didik. Jika
anda memiliki kompetensi pedagogik yang memadai ,maka menyusun strategi
pembelajaran efektif kepada siswa menjadi lebih optimal.
Seperti contoh anak yang berbakat futsal dan
berbakat akademik.mereka tentu tidak bisa mendapatkan pelayanan
pendidikan seperti pelayanan secara umum. Artinya setiap anak harus
berprestasi akademik padahal yang jago futsal sudah berkali kali membawa
nama baik sekolah dari kemenangannya dalam berbagai kompetisiSiswa yang
memiliki bakat tertentu ini semestinya mendapatkan pembinaan dan
pengembangan prestasi keberbakatan melaui ragam kegiatan sekolah.Cara
pandang yang berbeda terhadap siswa berbakat dapat mengantar kesuksesan
dan citra sekolah.Inilah beberapa strategi agar siswa ber talenta akan
mencapai prestasinya…
Pertama
,sebagai guru tentu anda harus punya rasa percaya diri yang kuat.Bisa
anda bukan guru PNS ,dan belum menerima TPP.Namun jangan sampai
membuat anda rendah diri. Seorang guru harus bisa menempatkan diri
secra tepat dihadapan siswa. Dan guru yang memiliki kompetensi pedagogik
dapat memfasilitasi peserta didik untuk mengembangkan berbagai potensi
akademik dan memfasilitasi peserta didik untuk mengembangkan berbagai
potensi non akademik.
Setelah
rasa percaya diri,berikutnya adalah ketrampilan komunikasi,tepatnya
negosiasi guna meyakinkan kepala sekolah dan orang tua siswa tentang
rencana strategi pengembangan keberbakatan siswa.Jika anda memiliki team
yang solid dalam pengembangan
talenta siswa akan jauh lebih mudah dalam memenangkan berbagi kompetisi
sekaligus mendapat dukungan dari stakeholder lainnya.
Berikutnya
adalah wawasan yang luas ,jadi jangan hanya terjebak pada tugas
mengajar /ketrampilan teknis administrasi keguruan saja.Ingat bagi siswa
ber talenta non akademis pengetahuan teori
yang anda miliki tidak membawa pengaruh berarti bagi mereka. Bahkan
mereka lebih senang bebicara kompetisi kompetisi berikutnya sebagai need for achievement ‘.
Wawasan
yang lua serta keterbukaan anda dapat membuat siswa betah untuk diskusi
maslah minat maupun pribadi,misalnya tentang cita cita,hobi ,pacar
sampai persoalan keluarga yang merekahadapi.Siswa yang bertemu dengan
guru yang memiliki “chemistry “
dengannya akan merasa senang. Dengan demikian nasehat yang anda
tawarkan dianggap sebagai solusi atas permasalahan yang dihadapi mereka.
Jangan sampai anda mengajarkan “teori kebaikan” padahal anda sama
sekali jauh dari kesan baik itu sendiri bagi mereka.Mereka pasti kesal kepada Anda jika keberadaan anda bukan memberikan solusi melainkan menambah persoalan bagi dirinya.Jika mereka
tidak senang kepada anda bukan hanya mata pelajaran yang anda bawakan
saja yang bakal turun prestasinya namun harapan dan minat serta semangat
belajar merekapun jatuh ,apalagi bertemu dengan sosok yang tidak
disenangi.
Siklus pembelajaran (learn cycle) menjadi lebih pendek dan tumbuh optimal jika siswa merasa suka dan bertalenta pada bidang kegiatan pembelajaran yang
dihadapinya sehingga tentunya guru tidak harus ngotot memaksakan diri
agar siswanya berprestasi.karena siswa bertalenta akan menunjukan
prestasinya.melakukan pendekatan kepada siswa bertalenta memang sangat
menarik butuh ketelitian dan kesabaran,sanggup..?
Tidak ada komentar:
Posting Komentar