Halaman

SELAMAT DATANG DI BLOG PUTRANE WONG JOWO KELAHIRAN SUMATRA

24 Sep 2012

Inti Sari 10 Harapan Siswa dan Orang Tuanya

Harapan Siswa dan Ortunya terhadap Guru dan Sekolahnya; (disusun berdasarkan pengalaman sebagai Konsultan Pengembangan SDM , Motivator Smart Parenting Seminar serta On air Radio sejak 1996).


Setiap siswa dan orang tuanya berharap agar sekolah dan gurunya:
  1. Hanya memiliki tujuan untuk dapat melayani kepentingan terbaik siswa.Terutama prestasi akademiknya plus prestasi keberbakatan.Maka tidak ada pilihan lain bagi para guru untuk totalitas menjalankan profesi dengan memberikan yang terbaik dari yang anda bisa sebagai guru…saran saya jawablah Amin.
  2.  Meningkatkan syarat profesionalitas sebagai pendidik maupun penyelenggaraan sekolah. Karena terpenuhinya syarat tersebut maka hasil optimal akan tercapai karena dikerjakan secara  professional.Capailah profesionalitas bukan sekedar sertifikasi dan tunjungan ,melainkan professional yang membanggakan semua pihak karena hasil optimal karyanya.
  3. Seorang guru harus mampu mengenali “produk”nya artinya kompetensi akademik,pedagogik,kepribadian dan sosial yang memadai. Dengan mengenali “produknya “ diharapkan memiliki kepercayaan diri untuk membuat siswa percaya akan manfaat produk yang ditawarkannya.
  4. Seorang guru dituntut mengenali segmentasi geografi siswanya.Termasuk wilayah dimana guru tersebut bekerja,karena dengan mengenali wilayah kerjanya guru dapat menyesuaikan diri dengan kebiasaan,budaya serta harapan siswa dan masyarakatnya.
  5. Seorang guru diharapkan dapat mengenali setiap siswanya,karena dengan mengenali setiap siswanya guru dapat memotivasi sesuai kebutuhan siswa masing masing untuk kesuksesan belajar atau lainnya.
  6. Masyarakat berharap besar sekolah dan guru dapat menjadi penuntun arah bagi karir pendidikan siswanya selepas mereka bersekolah ditempat itu.Mengetahui kebutuhan“pasar” out put baik untuk dunia kerja maupun karir pendidikan merupakan keunggulan sekolah dan guru bersangkutan.
  7. Pengamatan atas sikap dan motivasi belajar siswa secara individual merupakan harapan terbesar para orang tua yang mengharapkan kemajuan dan perbaikan belajar anaknya.
  8. Tidak ada pembicaraan yang menarik bagi orang tua dan siswa kecuali pembicaraan yang merencanakan prestasi akademik dan keberbakatan masing masing siswa.
  9. Orang tua dan siswa akan mendukung semua program sekolah selama untuk penggunaan waktu produktif masing masing anak.Kemampuan guru membuktikan kemanfaatan waktu produktif bagi siswa akan memudahkan dukungan.
  10. Orang tua dan siswa bangga memiliki guru yang berprestasi yang dapat mengangkat prestasi setiap anak didiknya. Karena sesungguhnya prestasi guru adalah mencetak siswa dari tak berdaya menjadi sosok siswa yang inspiratif dalam prestasi.


     Sumber : Guru Idola Indonesia

Tidak ada komentar: