Halaman

SELAMAT DATANG DI BLOG PUTRANE WONG JOWO KELAHIRAN SUMATRA

24 Sep 2012

Michio Suzuki : Pendiri motor Suzuki

Michio Suzuki (nama orang), adalah pemilik usaha yang membuat alat (peralatan) untuk menenun Sutra. Usaha ini di mulai pada tahun 1909an. Seperti kita ketahui, setelah Perang Dunia ke 2 banyak, perusahaan-perusahaan yang gulung tikar karena adanya krisis yang menyeluruh. Begitu juga perusahaan Suzuki ini tidak luput dari masalah keuangan.
Akhirnya pada tahun 1952, Suzuki mencoba membuat Bracket untuk mesin tempel pada sepeda Sepeda buatan Suzuki yang pertama dinamakan Power Free (untuk kapasitas 36 cc), lalu dilanjutkan dengan Diamond Free (utk Kapasitas 60cc). Dan pada tahun 1954, Suzuki mencoba membuat sepeda motor pertamanya dengan nama COLLEDA 90cc. Tidak banyak yang bisa dilakukan Suzuki saat itu. Sampai tahun 1960-an hanya memproduksi sedikit karena permintaan export tidak banyak.

 Pada tahun 1967, Suzuki mencoba membuat T500 dan diexport ke Amerika dan Inggris dengan nama Titan (USA) atau Cobra (Inggris).  Karena dinilai cukup sukses maka T500 terus dikembangkan sehingga menjadi GT500 yang terus diproduksi hingga tahun 1977. Sebenarnya tahun1971, Suzuki membuat GT750 (Water Buffalo) tapi tidak sukses untuk pasar Superbike didunia pada saat itu.
Dilanjutkan pada Tahun 1976, Suzuki membuat GS750 sebagai perbaikan dari
GT750. GS750 ini sangat cepat menjadi populer (cukup sukses). Kemudian dilanjutkan menjadi GS1000 pada tahun 1978. GS 1000 ini mencapai sukses yang luar biasa dan sangat diterima market saat itu. Kesuksesannya ada pada frame terlihat lebih kokoh dibanding motor-motor
lain saat itu. GS 1000 dikembangkan menjadi GSX 1000 ditahun 1980 dan GSX 1100 Katana di tahun 1982.
Disinilah Suzuki mencapai sukses besar karena model ini dikenal power full (kencang), disainnya yang modern, body ringan dan harganya yang sangat kompetitif. Pada tahun 1986, kembali Suzuki membuat gebrakan dengan model andalanya GSX-R750 dan GSX-R 1100. Motor ini terkenal sebagai motor super cepat pada saat itu, karena model ini benar-benar mengadobsi motor balap, kerana memang diperuntukan dijalan raya. GSX-R750 terus diproduksi sampai saat ini karena good sale.
 etapi GSX-R 1100 Suzuki mengalami kerugian karena penjualan tidak baik, dan distop produksinya.  Kemudian di tahun 1990an, GSX-R 1100 dicoba didesign ulang, tetapi tetap kurang mencapai kesuksesan. Maka pada tahun 1999, Suzuki membuat gebrakan yang kesekian kalinya dengan memproduksi GSX-1300R yang kita kenal dengan nama HAYABUSA yang sekaligus menjadi motor jalanan (street bike) yang tercepat didunia karena kecepatannya dapat mencapai 310km/jam

Tidak ada komentar: